Minggu, 28 Agustus 2016

Keseimbangan omzet dalam MLM matahari

Lawan dari binary sistem atau trinary sistem biasanya disebut dengan MLM Matahari dimana kita boleh membangun jalur yang tidak terbatas.
Oleh para pelaku bisnis binary, MLM matahari ini biasa disebut dengan “MLM Murni”. Padahal sesungguhnya belum tentu mereka mengaplikasikan bisnis murni. Kenapa? Karena sampai hari ini MLM matahari masih menggunakan hukum keseimbangan omzet dimana mitra harus memiliki jalur lebih dari satu yang omzetnya relatif seimbang.
Jenis hukum keseimbangan omzet yang biasa digunakan dalam MLM matahari adalah :
Sidevolume:
Yang disebut dengan sidevolume adalah mitra baru yang sudah memiliki omzet dengan jumlah tertentu. Dan yang disebut dengan mitra baru adalah mitra yang baru mencapai posisi tertentu, tergantung dari syarat yang ditentukan oleh MLM terkair.
keseimbangan
Jika anda memiliki satu jalur yang sudah berkembang dengan omzet tertentu dan anda ingin mendapatkan bonus, maka anda harus memiliki sidevolume. Tetapi belum tentu juga bonus yang anda dapatkan bisa signifikan jika komposisi jalurnya masuk ke dalam kategori kurang seimbang.
Dalam MLM yang menggunakan konsep sidevolume ini pun terjadi dua kepentingan matimatis/financial yang berbenturan antara  mitra dan perusahaan. Jika kebanyakan mitra memiliki satu jalur dengan omzet yang besar dan tidak memiliki sidevolume, maka perusahaan akan sangat diuntungkan, sementara mitra belum bisa meraih keuntungan yang signifikan walaupun dia sudah menjadi perantara lahirnya omzet yang besar bagi perusahaan.
Keseimbangan omzet :
Agar kita bisa meraih bonus yang signifikan, maka kita harus memiliki minimal 2 jalur dengan omzet yang relatif seimbang.Setiap perusahaan MLM seperti ini biasanya memiliki aturan sendiri untuk mengkategorikan apakah komposisi jalur tersebut masuk kedalam kategori seimbang, kurang seimbang atau tidak seimbang.
Jika kita  baru memiliki satu jalur yang bertumbuh sebesar apapun omzetnya, kita belum bisa meraih keuntungan yang signifikan; omzet tidak berkorelasi dengan keuntungan mitra (bertentang dengan bisnis murni). Jadi apa dasarnya kita mengatakan MLM matahari adalah MLM Murni?
Jalur besar yang sudah bertumbuh dengan pesat bahkan bisa menjadi ancaman, bukan lagi merupakan aset  masa depan. Ketika anda dalam proses  mulai membangun jalur kecil, jalur besar tersebut akan semakin besar dan akan membuat komposisi jalur anda semakin tidak seimbang. Dan hal ini akan semakin memperkecil bonus anda. Di sisi lain perusahaan makin diuntungkan. Yang sedang kita lakukan bisa hanya hanya mengejar fatamorgana saja!.
Sidevolume dan keseimbangan omzet:
Dua konsep ini biasanya sekaligus digunakan dalam umumnya bisnis MLM matahari. Jika kita  memiliki dua jalur yang relatif seimbang, belum tentu kita bisa meraih bonus yang signifikan jika belum memilki sidevolume. Jika kita memiliki sidevolume, belum tentu bonus kita bisa signifikan jika jalurnya tidak seimbang.
kseimbangan2
Dampak matematis dan finansial:
Jika kebanyakan mitra hanya memiliki satu jalur, memiliki jalur yang tidak seimbang, seimbang tetapi tidak memiliki sidevolume atau sebaliknya, maka perusahaan akan sangat diuntungkan.  Perusahaan dengan sistem matahari ini biasanya tidak akan masuk ke dalam ranah spekulasi jika kebanyakan mitranya memiliki jalur yang seimbang dan memiliki sidevolume, hanya dia tetap akan lebih untung jika yang terjadi sebaliknya.
Dampak psikologis dan sosial:
Ada satu ungkapan “satu anak emas akan melahirkan ribuan anak tiri”. Jika kita memiliki satu jalur yang bertumbuh besar, kemudian kita membangun jalur lainnya yang masih kecil, maka jalur yang kecil ini akan menjadi anak emas, dan jalur besar bisa menjadi anak tiri. Bahkan dalam konsep keseimbangan omzet ini, anak tiri yang sudah memiliki omzet yang besar bisa menjadi “ancaman”, dan menjadi sumber konflik pertemanan dan persaudaraan. Bisa anda bayangkan dan mungkin bisa anda rasakan bagaimana harus hidup kelihatan rukun dangan  kelompok yang sebenarnya menjadi ancaman!
Jika kita masih juga belum bisa menyeimbangkan omzet, maka mitra-mitra dari jalur besar mulai dipindah ke jalur kecil, mitra-mitra dari jalur besar sudah tidak boleh mengikuti training yang diselenggarakan oleh leader yang sedang berjuang mati-matian menyeimbangkan omzetnya dengan cara membina jalur kecilnya.
Tanpa disadari kita bisa masuk kedalam ranah “kerja rodi”, dan esensi kerja rodi tersebut dipoles dengan jargon “kerja keras”, padahal sesungguhnya kerja rodi. Terbukti dalam realitanya kita bukannya dapat “apa-apa”, tetapi habis “apa-apa”.
Hampir semua bisnis MLM matahari yang menggunakan konsep sidevolume dan hukum keseimbangan omzet  ini sudah mendapatkan perizinan SIUPL, dan menjadi anggota APLI, juga ada sebagian yang sudah mendapatkan kategori sebagai MLM syariah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar