Senin, 11 Juli 2016

Posted by Yulia Rizka Posted in Tips & Trik 4 Komentar

Apakah Anda sudah melakukan segala hal untuk meningkatkan penjualan di toko online? Jika tujuan akhir Anda adalah untuk mempertahankan kestabilan keuntungan sepanjang tahun, maka Anda harus melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar membuat tweet.
1.       Berikan Penawaran Awal yang Reguler


Pada umumnya pasar online akan memberikan pilihan, mempertahankan penjualan atau melakukan promo untuk menarik perhatian pembeli. Lakukanlah hal ini secara teratur untuk mendapatkan keuntungan dari belanja di masa liburan (diskon 15% saat Hari Ayah, diskon 31% saat Halloween, diskon 50% pada beberapa item saat Black Friday, dll). Hal ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan lalu lintas web secara reguler.
2.       Gunakan Email Pemasaran untuk Mengingatkan Pelanggan Berbelanja
Pada saat pertama kali membuka toko, Anda akan mengirimkan email berupa pengumuman ke database. Pastikan ini terhubung secara langsung dari email ke toko Anda.  Jika memungkinkan kirimkan newsletter secara mingguan dengan gambar yang besar dan persuasif namun ringkas untuk mempromosikan produk. Selain itu, pastikan juga kontennya terhubung langsung ke masing-masing produk untuk mempermudah pembelian.  Apabila ada diskon, umumkan dan promosikan melalui email agar pelanggan dapat segera mengambil keuntungan dari harga eksklusif yang diberikan.
3. Mulailah dengan Sebuah Blog
Blog merupakan salah satu cara untuk mempromosikan toko online secara tidak langsung. Sertakan satu link yang relevan ke toko Anda di setiap postingan blog (baik yang menghubungkan ke home atau ke produk) dan pastikan setiap blog informatif dan bermanfaat. Blog yang berkualitas dengan konten yang kuat akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online dan bisa menjadi proyek besar untuk berinvestasi.
4. Hubungi Blogger Tentang Produk Anda

Lakukan pencarian di Google yang berhubungan dengan produk Anda. Lihat komentar yang mereka terima dan seberapa besar popularitasnya di akun media sosial. Pada saat Anda menghubungi mereka, beritahukan alasan Anda menyukai blog tersebut secara spesifik. Lalu jelaskan secara singkat alasan mengapa Anda merasa produk Anda akan cocok untuk di review di blog mereka. Berikan contoh produk secara gratis dan tawarkan sampel lain sebagai hadiah. Anda akan mendapatkan ulasan bahwa pembaca akan mendapatkan produk gratis, sehingga barang Anda bisa dipromosikan langsung pada pembaca yang menjadi target Anda.
5. Hidupkan Penulis Tamu
Penulis tamu dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pembaca yang lebih besar. Postingan mereka akan membuat Anda tahu topik apa yang biasanya mereka tulis dan hubungi mereka terkait kesempatan menjadi penulis tamu. Kebanyakan blogger akan membiarkan Anda memiliki link ke toko Anda di Bio, tapi mungkin Anda juga bisa dapatkan satu konten.
6. Tawarkan Video Tutorial


Video yang bagus akan disukai banyak orang sehingga mereka akan membagikannya pada orang lain serta menjelaskan mengenai produk Anda. Jika Anda membuat ikat kepala untuk bayi, tunjukkan pada orangtua pemakaiannya dengan berbagai cara. Jika hanya ada satu cara, maka tunjukkan bayi menggemaskan saat mengenakan ikat kepala tersebut dalam video. Lalu bagilah video tersebut di Youtube (buat account sendiri untuk bisnis Anda) dan bagi ke semua situs media sosial lainnya.
7. Kembangkan di Berbagai Media Sosial
Media sosial penting untuk mempromosikan toko online secara efektif. Namun dibutuhkan upaya dan waktu untuk mengumpulkan pengikut. Berikut beberapa situs yang dapat membantu pemasaran toko Anda, antara lain Facebook, Twitter, Intagram, Pinterest, Youtube, Google+, LinkedIn, Tumblr, Sumble Upon, We Heart it, Flickr, Foursquare, Quora, Polyvore
8. Soroti Produk di Media Sosial
Pemasaran melalui media sosial akan efektif jika Anda posting secara teratur. Kebanyakan pelaku bisnis melakukannya sekali sehari atau 2-3 kali, tergantung seberapa banyak pengikut. Postinglah gambar yang menarik dari produk yang disertai penawaran menarik. Selalu sertakan link yang dapat terhubung langsung ke produk tertentu untuk mempercepat pembelian di online shop. Selain itu, minta pengikut untuk mengirimkan gambar diri mereka yang memakai produk Anda atau gambar produk untuk meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan online. Gunakan alat perencanaan, seperti Hootsuite yang dapat mempermudah Anda mengelola media sosial.
9. Adakan Perlombaan di Media Sosial

Perlombaan adalah cara yang bagus untuk mempromosikan penawaran, mengarahkan lalu lintas ke toko Anda, dan meningkatkan pengikut di media sosial. Beberapa situs memiliki aturan khusus seperti Facebook, jadi pastikan Anda mengetahui hal tersebut sebelum memulai perlombaan. Anda bisa tawarkan salah satu produk sebagai hadiah atau beberapa paket hadiah lalu umumkan di semua situs sosial. Posting sesering mungkin untuk mendorong orang mendaftar (gunakan alamat email Anda untuk membangun basis data emai). Lalu minta pemenang untuk mengirimkan foto mereka beserta hadiah yang telah dikirimkan ke halaman Anda. Katakan sesuatu, seperti “Ada banyak produk besar seperti ini yang dapat ditemukan di (masukkan URL)” untuk menarik orang-orang yang melihat postingan ini mengecek apalagi yang Anda tawarkan.
10. Cobalah Bayar Iklan di Media Sosial
Situs seperti Facebook dan Twitter menawarkan penggunaan iklan yang berbayar untuk menargetkan konsumen yang tepat. Jika Anda ingin mencoba Facebook, sebaiknya pilih metrik seperti “klik situs” atau “konversi situs” karena Anda ingin orang mengklik ke URL toko online bukan fan page. Pada Twitter gunakan “Promoted Tweets” untuk mempromosikan toko Anda. Sertakan konten yang singkat, menarik dan URL untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Misalnya, jika Anda membuat pakaian, tweet Anda akan dipromosikan seperti ini, “Apa tren #pakaian terpanas untuk musim panas ? Cari tahu disini: (masukkan URL singkat)”
11. Sertakan URL Toko Online di Email Signature
Ini adalah salah satu cara yang mudah dan cepat. Tidak masalah apa email provider yang Anda gunakan, Anda harus memiliki Email Signature yang mencakup URL ke online store Anda. WiseStamp membuat ini sederhana dan dapat digunakan bebas pada tingkat awal. Jika Anda memiliki Outlook, maka Anda harus tambahkan sendiri URL karena WiseStamp belum bekerja dengan penyedia email ini.
12. Cetak URL Toko Anda pada Semua Material Pemasaran
Mulai dari kartu nama, brosur, dan segala sesuatunya, sertakan URL website Anda dimanapun Anda memasarkan bisnis. Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa sesuatu yang dapat Anda berikan pada pelanggan potensial yang memiliki URL Anda.
13. Selubungi Kendaraan dengan URL Toko

Jika Anda ingin menjadikan kendaraan sebagai media promosi tanpa henti, maka selubungi kendaraan dengan URL toko online Anda.  Sertakan beberapa jenis gambar atau slogan yang dapat menarik orang untuk mencari toko Anda.
14. Cetak URL pada Tas Belanja

Jika Anda memiliki toko, cobalah untuk mencetak URL pada tas belanja toko Anda. Pelanggan yang membawa tas tersebut secara tidak langsung akan mempromosikanya. Jika Anda memiliki anggaran, buatlah tas belanja yang dapat digunakan kembali dengan nama, logo, dan URL website. Bagikan tas tersebut pada pelanggan yang telah menghabiskan sejumlah “X” uangnya. Selain itu cara ini juga dapat dilakukan bagi pelanggan yang memesan secara online dengan memasukkannya dalam paket.
15. Sertakan Magnet pada Setiap Pembelian
Sertakan magnet gratis yang mencakup URL toko online  pada setiap pembelian baik secara pribadi atau online. Dengan cara ini pelanggan tidak akan lupa dimana mereka membeli dan dapat dengan mudah mempromosikannnya pada teman-teman mereka.
16. Gunakan Kartu Nama

Anda bisa letakkan satu set kartu nama tepat di sebelah kasir agar pelanggan bisa mengambil satu sebelum meninggalkan toko. Pertimbangkan untuk menambahkan kode kupon atau diskon untuk pembeli online dan arahkan mereka ke URL toko online Anda.
17. Gunakan Tempelan pada Jendela Dimanapun Anda Bisa
Tempelan pada jendela adalah salah satu cara mudah untuk mempromosikan toko Anda. Anda bisa tempelkan di pintu toko dan di berbagai lokasi lain di seluruh toko serta jendela kendaraan. Anda juga bisa minta teman-teman, keluarga dan karyawan untuk melakukan hal yang sama termasuk alamat web Anda.
18. Bermitra dengan Pemilik Bisnis Lokal Lainnya
Siapa pemiliki bisnis lokal lainnya di daerah Anda? Jika anda tidak mengenal mereka maka Anda perlu mendatangi mereka untuk memperkenalkan diri. Bicaralah dengan mereka dan lihat respon mereka saat brosur dan kartu nama Anda berada di toko-toko mereka. Anda juga perlu melakukan hal yang sama untuk mereka. Pada saat online, lihatlah bisnis apa saja yang menjual produk di acara-acara lokal, pasar petani, dan festival lalu ambillah seleberan yang ada di meja mereka.  Sekali lagi, lakukan hal yang sama untuk mereka dimanapun Anda berjualan.
19. Coba Pemasaran dengan Email Langsung
Hanya karena Anda ingin mempromosikan bisnis online, bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan pemasaran secara langsung melalui email untuk mendapatkan keuntungan. Kuncinya adalah apabila Anda menyertakan diskon besar, konten yang deskfriptif, serta alamat website, maka pembeli akan mengunjungi situs Anda.
20. Lihatlah Iklan di Troli Grosir

Ini akan menjadi cara yang mudah dan cepat bagi mereka untuk belanja produk Anda secara online. Namun, tergantung seberapa cerdas target pelanggan Anda. Anda mempunyai kode sentral QR yang membuat pembeli grosir ke situs URL yang tepat dengan sekali scan. Jika ini tidak bekerja pada target pasar yang mencakup URL Anda, maka gunakan iklan utama.
Lakukan segala hal yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan toko online agar tujuan Anda tercapai. Selamat mencoba, Semoga Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar